Latihan soal pemilihan guru berprestasi
Latihan 1.
Jawablah pertanyaan dibawah ini :
1. Sebutkan
5 (lima) prinsip pengembangan silabus !
2.
Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen pasal 20, disebutkan dalam melaksanakan
tugas keprofesionalan, guru mempunyai 5 kewajiban. Sebutkan!
3. Apabila
guru yang diangkat oleh pemerintah atau pemerintah daerah tidak menjalankan
kewajiban akan dikenai sanksi sesuai peraturan perundang-undangan. Sebutkan 6
sanksi tersebut!
4. Jelaskan pengertian di bawah ini!
a. Penilaian pendidikan.
b.
Ulangan harian
c. Ulangan akhir semester.
5. Menurut UU No. 14 tahun 2005 pasal 7, sebutkan 5
(lima) prinsip profesionalitas guru!
6. a. Singkatan dari apakah DP3 itu?
b. Bagi guru ada berapa dan sebutkan
unsur/ komponen yang dinilai dalam DP3!
7. Sebutkan 3 (tiga) prinsip Kegiatan Belajar Mengajar!
8. Sebutkan kriteria penetapan KKM!
9. Apa
yang dimaksud pembelajaran Cooperative Learning (CL)? Berilah tiga tipe model
CL!
10.Sebutkan dan jelaskan 5 (lima) metode dalam
melaksanakan proses pembelajaran!
Kunci jawaban soal latihan 1
1. Prinsip pengembangan Silabus:
a. Ilmiah
b. Relevan
c. Sistematis
d. Konsisten
e. Memadai
f. Aktual dan kontekstual
g. Fleksibel
h. Menyeluruh
2. UU Guru dan Dosen pasal 20 : Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan,
guru
berkewajiban:
a.
Merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses
pembelajaran yang bermutu,
serta
menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;
b.
Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik
dan kompetensi secara
berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni;
c.
Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas
dasar pertimbangan jenis kelamin,
agama, suku, ras,dan kondisi fisik tertentu, atau
latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi peserta didik dalam
pembelajaran;
d.
Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan,
hukum dan kode etik giri, serta
nilai-nilai agama dan etika;
e.
Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan
bangsa.
3. Sanksi bila guru tidak menjalankan kewajiban sesuai pasal 20 UU No. 14
tahun 2005
a. Teguran;
b. Peringatan tertulis;
c. Penundaan pemberian hak guru;
d. Penundaan pangkat;
e. Pemberhentian
dengan hormat;
f. Pemberhentian tidak dengan hormat.
4. Jelaskan pengertian di bawah ini!
a. Penilaian pendidikan adalah
proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk
menentukan pencapaian hasil
belajar peserta didik.
b. Ulangan harian adalah kegiatan
yang dilakukan secara periodik untuk mengukur
pencapaian kompetensi peserta
didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar.
c. Ulangan akhir semester adalah kegiatan
yang dilakukan oleh pendidik untuk
mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik di akhir semester.
5. Menurut UU No. 14 tahun 2005 pasal 7, prinsip profesionalitas
guru!
a. Memiliki bakat,
minat, panggilan jiwa, dan idealisme;
b. Memiliki komitmen
untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan,
dan
akhlak mulia;
c. Memiliki kualitas akademik
dan latar belakang pendidikan sesuai bidang tugas;
d. Memiliki kompetensi
yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;
e.
Memiliki tanggung jawab atas pelaksanakan tugas
keprofesionalan;
f.
Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai
dengan prestasi kerja;
g.
Memiliki kesempatan untuk mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat,
h.
Memiliki jaminan perlindungan hkum dalm
melaksanakan tugas keprofesionalan,
i.
Memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan
mengatur hal-hal yang berkaitan denga tugas keprofesionalan guru
6. a. DP3 = Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan
b. Unsur/komponen yang dinilai
1) Kesetiaan
2) Prestasi
kerja
3) Tanggung
jawab
4) Ketaatan
5) Kejujuran
6) Kerja sama
7) Prakarsa
7. Prinsip Kegiatan Belajar Mengajar:
a. Belajar berpusat pada siswa
b. Belajar melalui praktek
c. Belajar mandiri dan belajar bekerjasama
8. Kriteria Penetapan KKM:
1) Kompleksitas indikator (Kesulitan dan kerumitan)
2) Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan,
dan biaya)
3) Intake siswa (masukan kemampuan siswa)
9. Pembelajaran Cooperative Learning adalah model pembelajaran bersama-sama
dalam
satu kelompok dengan jumlah
anggota antara tiga sampai lima orang. Para anggota
bekerjasama dan saling membantu
dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan
guru.
Contoh tipe model CL:
a. Role Playing (Sosiodrama)
b. Problem Solving (Pemecahan Masalah)
c. Diskusi kelompok
d. Karya wisata
10. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Demonstrasi
d. Eksperimen
e. Tugas dan resitasif.
f. Sosiodrama
g. Discovery dan Inkuiri, dll.
Latihan 2
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan lengkap !
1. Jelaskan
pengertian kurikulum menurut UU nomor 20 tahun 2003 dan KBK !
2. a.
Jelaskan perbedaan antara Visi dan Tujuan sekolah !
b. Jelaskan cara-cara merumuskan visi sekolah !
3. a.
Jelaskan yang dimaksud dengan MBE !
b. Sebutkan 3 cakupan MBE !
4. Salah
satu upaya pemerintah dalam mmeningkatkan mutu pendidikan adalah melalui
MBS. Sebutkan prinsip-prinsip pelaksanaan
MBS !
5. a.
Apakah kompetensi itu ?
b. Sebutkan 4 kompetensi guru sebagai agen pembelajaran menurut PP nomor
19
tahun 2005 !
6. a.
Jelaskan yang dimaksud dengan kecakapan hidup (life skill) !
b. Sebutkan jenis-jenis kecakapan hidup !
7. Dengan
memasuki abad ke-21 pendidikan harus mampu mengarahkan siswa agar dapat
hidup dalam situasi yang baru yang
muncul dalam diri dan lingkungannya.
Kemampuan tersebut dilakukan sebagai pilar pendidikan.
Sebutkan 4 pilar pendidikan
menurut UNESCO !
8. a.
Jelaskan yang dimaksud dengan CTL !
b. Sebutkan strategi pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL !
9. Sebutkan kompetensi lulusan sekolah dasar !
9. Sebutkan kompetensi lulusan sekolah dasar !
10.
Sebutkan prinsip-prinsip profesionalitas guru menurut UU nomor 14 tahun 2005 !
Kunci Jawaban soal latihan 2 :
1. a. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan
bahan pelajaran serta cara yang
digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu (pasal 1 UU
nomor 20 tahun 2003)
b. Kurikulum Berbasis Kompetensi adalah seperangkat rencana dan pengaturan
b. Kurikulum Berbasis Kompetensi adalah seperangkat rencana dan pengaturan
mengenai kompetensi dan hasil
belajar yang harus dicapai siswa, KBM, penilaian
dan pemberdayaan sumber daya pendidik
dalam pengembangan kurikulum sekolah
2. a. Visi adalah pandangan jauh ke depan/ gambaran masa depan sekolah/ wawasan yang
2. a. Visi adalah pandangan jauh ke depan/ gambaran masa depan sekolah/ wawasan yang
menjadi sumber arahan bagi
sekolah. Misi adalah tindakan untuk merealisasikan
visi tersebut
Tujuan sekolah adalah penjabaran misi, sesuatu yang akan dicapai dan kapan akan
Tujuan sekolah adalah penjabaran misi, sesuatu yang akan dicapai dan kapan akan
dicapai/ penjabaran operasional jangka
pendek
b. Cara merumuskan visi sekolah
1). Pelajari visi pendidikan nasional, dinas pendidikan propinsi, dinas pendidikan
b. Cara merumuskan visi sekolah
1). Pelajari visi pendidikan nasional, dinas pendidikan propinsi, dinas pendidikan
kabupaten
2). Berdasarkan visi tersebut dirumuskan visi sekolah
3. a. MBE (Managing Basic Education) merupakan program kerjasama pemerintah
2). Berdasarkan visi tersebut dirumuskan visi sekolah
3. a. MBE (Managing Basic Education) merupakan program kerjasama pemerintah
dengan
berbagai pihak (Unesco, Unicef, IAP, AusAID, USAID, dll yang bertujuan
memberdayakan pemerintah daerah agar lebih
peduli dengan pendidikan
b. Cakupan program MBE adalah : 1. MBS, 2. PAKEM, 3. PSM
4. Prinsip-prinsip pelaksanaan MBS
a. Fokus pada mutu
b. Perencanaan dari bawah dalam pengambilan keputusan
c. Manajemen transparansi
d. Pemberdayaan masyarakat
e. Peningkatan mutu yang berkelanjutan
5.a. Kompetensi adalah pengetahuan, ketrampilan, sikap/nilai-nilai dasar yang
b. Cakupan program MBE adalah : 1. MBS, 2. PAKEM, 3. PSM
4. Prinsip-prinsip pelaksanaan MBS
a. Fokus pada mutu
b. Perencanaan dari bawah dalam pengambilan keputusan
c. Manajemen transparansi
d. Pemberdayaan masyarakat
e. Peningkatan mutu yang berkelanjutan
5.a. Kompetensi adalah pengetahuan, ketrampilan, sikap/nilai-nilai dasar yang
direfleksikan / diwujudkan dalam
kebiasaan berfikir dan bertindak
b. Kompetensi guru sebagai agen pembelajaran : kompetensi pedagogik, professional,
b. Kompetensi guru sebagai agen pembelajaran : kompetensi pedagogik, professional,
kepribadian dan kompetensi sosial
6.a. Life skill adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi
6.a. Life skill adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi
problema
hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa tertekan, proaktif dan kreatif
menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya
b. Kecakapan hidup meliputi kecakapan hidup generic dan spesifik
1). Kecakapan hidup generic meliputi kecakapan personal dan sosial
2). Kecakapan hidup spesifik meliputi kecakapan akademik dan vokasional
7. Empat pilar pendidikan (Unesco)
a. Learning to know (belajar untuk mengetahui, memahami)
Belajar, bagaimana cara belajar sehingga dapat memberkali ilmu pengetahuan kepada
b. Kecakapan hidup meliputi kecakapan hidup generic dan spesifik
1). Kecakapan hidup generic meliputi kecakapan personal dan sosial
2). Kecakapan hidup spesifik meliputi kecakapan akademik dan vokasional
7. Empat pilar pendidikan (Unesco)
a. Learning to know (belajar untuk mengetahui, memahami)
Belajar, bagaimana cara belajar sehingga dapat memberkali ilmu pengetahuan kepada
siswa sebanyak-banyaknya
b. Learning to do (belajar melakukan)
Belajar melalui kegiatan tangan, berkomunikasi8, merumuskan, menganalisis,
b. Learning to do (belajar melakukan)
Belajar melalui kegiatan tangan, berkomunikasi8, merumuskan, menganalisis,
memecahkan masalah dan lain-lain
c. Learning to life together (belajar hidup dalam kebersamaan)
Belajar untuk menyadari bahwa hidup perlu bekerjasama saling menghargai,
c. Learning to life together (belajar hidup dalam kebersamaan)
Belajar untuk menyadari bahwa hidup perlu bekerjasama saling menghargai,
menerima perbedaan saling pengertian dll
d. Learning to be (belajar menjadi)
Pendidikan harus mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan diri seutuhnya
d. Learning to be (belajar menjadi)
Pendidikan harus mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan diri seutuhnya
pada setiap jiwa raga, kecerdasan, sensitivitas,
apresiasi estetis dan spiritualitas
8. a. CTL (Contekstual Teaching an Learning)
Konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan
8. a. CTL (Contekstual Teaching an Learning)
Konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan
dengan situasi dunia nyata siswa
dan mendorong membuat hubungan antara
pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan
dalam kehidupan sehari-hari
b. Strategi CTL
1). Pembelajaran otentik
2). Pembelajaran inkuiri
3). Berbasis masalah (problem solving)
4). pembelajaran layanan
5) berbasis kerja
9. Kompetensi lulusan SD
a. Mengenali dan berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang diyakini
b. Mengenali dan menjalankan hak dan kewajiban diri, beretos kerja dan peduli
b. Strategi CTL
1). Pembelajaran otentik
2). Pembelajaran inkuiri
3). Berbasis masalah (problem solving)
4). pembelajaran layanan
5) berbasis kerja
9. Kompetensi lulusan SD
a. Mengenali dan berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang diyakini
b. Mengenali dan menjalankan hak dan kewajiban diri, beretos kerja dan peduli
terhadap lingkungan
c. Berpikir logis, kritis dan kreatif serta berkomunikasi melalui berbagai media
d. Menyenangi keindahan
e. Membiasakan diri hidup bersih, bugar dan sehat
f. Memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah air
10. Prinsip-prinsip profesionalitas guru menurut UU nomor 14 tahun 2005
a. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealism
b. Memiliki komitmen meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan
c. Berpikir logis, kritis dan kreatif serta berkomunikasi melalui berbagai media
d. Menyenangi keindahan
e. Membiasakan diri hidup bersih, bugar dan sehat
f. Memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah air
10. Prinsip-prinsip profesionalitas guru menurut UU nomor 14 tahun 2005
a. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealism
b. Memiliki komitmen meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan
akhlak mulia
c. Memiliki kualitas akademik dan latar belakang pendidikan sesuai bidang tugasnya
d. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya
e. Memiliki tanggungjawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan
f. Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja
g. Memiliki kesempatan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan
c. Memiliki kualitas akademik dan latar belakang pendidikan sesuai bidang tugasnya
d. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya
e. Memiliki tanggungjawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan
f. Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja
g. Memiliki kesempatan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan
dengan belajar
sepanjang hayat
h. Memiliki jaminan perlindungan hukum dalam pelaksanaan tugas profesionalan
i. Memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang
sepanjang hayat
h. Memiliki jaminan perlindungan hukum dalam pelaksanaan tugas profesionalan
i. Memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang
berkaitan dengan tugas professional guru.
Semoga bermanfaat. Salam sukses dari Roemah Prestasi.
ReplyDeleteThanks.Sangat menambah wawasan
Trm ksh pak,,,
ReplyDeleteTrm ksh pak,,,
ReplyDeletetrims
ReplyDelete