Saturday, September 12, 2015

Adab Berdoa



ADAB BERDOA

Menurut ajaran Islam, doa merupakan inti dari ibadah, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW : “Doa itu otaknya ibadah”. Tidak mungkin orang Islam tidak berdoa, sebab setiap muslim wajib menjalankan sholat, karena sholat adalah tiang agama, sedangkan sholat itu isinya adalah doa-doa belaka. Allah SWT berfirman : “Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan permohonanmu”. Oleh karena itu Allah menyukai orang-orang yang senang memanjatkan doa kepada-Nya. Namun jangan dilupakan, bahwa doa itu harus dibarengi dengan ikhtiar.
Istilah doa berasal dari bahasa Arab dan mempunyai beberapa pengertian, yaitu permohonan, panggilan, ajakan, penyembahan dan percakapan. Dalam kaitan ini kita ambil pengetian permohonan. Jadi, dengan doa itu seseorang menyampaikan permohonan sesuatu kepada Allah.
Disamping istilah doa, kita sering mendengar istilah zikir dan wirid. Zikir adalah kata-kata atau kalimat-kalimat pujian kepada Allah untuk mengingat-Nya. Wirid adalah kata-kata atau kalimat-kalimat yang pada umumnya kutipan dari ayat-ayat Al-Quran untuk dibaca berulang-ulang, misalnya setelah sholat fardhu.

Orang islam dianjurkan agar dalam kehidupan sehari-hari selalu dalam keadaan suci dari hadats besar maupun kecil, yaitu dia menjaga wudhunya, kecuali jika ada kesulitan yang tidak mudah diatasi. Keadaan yang demikian itu mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW. Demikianlah, orang yang berdoa pun lebih afdol jika dalam keadaan suci dari hadats.
Kalimat-kalimat dalam doa, ada dua versi. Pertama, yang sudah ada tuntunannya dari Rasulullah SAW dan kedua, yang disusun oleh para sahabat, ulama dan lain-lain, yang menggunakan bahasa Arab. Disamping itu ada pula orang islam memanjatkan doa untuk kepentingan pribadi atau umum, dengan bahasa daerah atau bahasa nasionalnya sendiri, dan isinya juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Banyak ulama menganjurkan, hendaknya umat islam mengambil doa-doa yang berasal dari Alquran dan Hadis.
Lazimnya doa disusun sebagai berikut : 
1. Ta’awwudz dan basmalah 
2. Tahmid 
3. Tasyahud 
4. Salawat untuk Nabi Muhammad SAW, para sahabat dan seterusnya 
5. Isi doa. 
   Biasanya dilengkap dengan : Robana atina fidunya khasanah wa fil akhiroti khasanah wa qina 
   ‘adabanar. 
6. Salawat 
7. Hamdalah
Waktu mengucapkan doa, kedua tangan diangkat setinggi bau, kecuali dalam doa minta hujan (sholat istisqa’) kedua tangan diangkat sedikit lebih tinggi lagi. Sesudah berdoa, ada yang mengusap wajah dengan dua tapak tangan dan ada yang tidak. Salam Sukses dari Roemah Prestasi.

No comments:

Post a Comment