Friday, May 31, 2013

Memperluas Jaringan Komunikasi Demi Karier


Network sebenarnya merupakan sebuah jaringan informasi yang sumbernya adalah manusia. Semakin luas network yang dimiliki, semakin besar pula jaringan informasi. Otomatis semakin banyak orang yang dapat diminta bantuannya dalam mengatasi berbagai masalah. Kuantitas dan kualitas pertolongan yang didapat sangat berpengaruh tehadap proses penyesuaian dengan masalah yang sedang dihadapi. Jadi kuncinya adalah kontak sosial dengan orang-orang yang tepat, sehingga network memang benar-benar bermanfaat.

Kenali network anda
        Bagaimana cara mengembangkan dan memanfaatkan jaringan ini ? Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengenali lebih dahulu network kita, baik dari segi kuantitas maupun kualitas hubungan yang selama ini terjalin. Ada empat tipe network yang minimal harus dimiliki:
1.      Keluarga dan teman dekat. Tercakup didalamnya keluarga inti, keluarga besar dan orang-orang tertentu yang hubungannya sangat dekat sehingga kadang-kadang sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga. Merekalah orang-orang terdekat dalam kehidupan pribadi kita, tempat kita berpaling untuk masalah-masalah khusus dan pribadi yang tidak dapat diceritakan kepada orang-orang diluar lingkaran tersebut.
2.      Kemunitas. Terdiri dari orang-orang yang ada didalam kehidupan sosial kita, seperti tetangga, teman sekolah, atau kenalan-kenalan lain. Mereka merupakan salah satu bagian penting dari support  system yang kita bangun karena ada banyak masalah yang dapat kita selesaikan dengan bantuan mereka.
3.      Service dan profesional. Terdiri dari orang-orang dengan keahlian tertentu, seperti dokter, montir, konsultan dan lain-lain, untuk membantu mengatasi masalah-masalah khusus yang kita hadapi. Network ini perlu kita miliki karena kebutuhan kita akan bantuan mereka biasanya sangat berkaitan dengan suatu situasi yang sifatnya darurat dan keahlian mereka hampir tidak dapat digantikan oleh orang lain.
4.      Dalam pekerjaan, network kita adalah orang-orang yang berfungsi sebagai rekan senior, mentor, konselor dan relasi-relasi bisnis  yang dapat memberikan dukungan, advis atau informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Network ini sangat penting untuk dikembangkan karena dunia kerja memiliki porsi yang besar dalam kehidupan kita. Tanpa mereka, kesulitan yang kita hadapi sehubungan dengan masalah pekerjaan seringkali menyebabkan stres dan akibatnya akan banyak menganggu aspek lain dalam kehidupan kita. Perluasan tipe network ini perlu mendapat penekanan dan perhatian khusus.

Setiap network memiliki porsi tersendiri dalam hidup sosial anda. Pada saat-saat tertentu, perannya menjadi lebih besar dibanding dengan yang lain karena pertolongan mereka memang lebih dibutuhkan untuk mengatasi suatu masalah yang sedang anda hadapi.                     

Kembangkan network anda
      Kesempatan untuk memiliki jaringan informasi yang luas tidak datang begitu saja. Harus ada usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengembangkan network. Usaha tersebut mencakup peningkatn ketampilan dan perencanaan yang bukan semata-mata untuk menambah jumlah saja akan tetapi juga mengoptimalkan manfaatnya.
      Pada tipe network pertama dan kedua, usaha yang dilakukan lebih bersifat personal dan pendekatannya juga lebih didasarkan pada kecocokan pribadi. Ada perbedaan yang jelas antara pria dan wanita dalam komposisi network dan kualitas serta isi hubungannya. Bila wanita lebih banyak membuka percakapan yang menyangkut perasaan dan pengalaman pribadi, pria banyak bersifat memberi informasi atau bertukar pendapat. Hubungan diantara pria biasanya dibangun melalui aktivitas tertentu seperti olah raga atau pekerjaan, sementara wanita cenderung berfokus pada kejadian-kejadian yang menyentuh dalam kehidupannya. Pria memang banyak melibatkan aura dunia kerja yang cenderung kompetitif dan formals ke dalam kehidupan pribadinya sehingga hubungannya yang dibangunnya juga sebagian besar didasari oleh hal itu. Sebaliknya wanita lebih menekankan hubungan yang intim dan personal.
     Berbeda dengan tipe pertama dan kedua yang lebih banak menyangkut kedhiupan pribadi, tipe network ketiga dan terutama keempat justru harus dilakukan secara “formal dan profesional” karena banyak menyangkut karier dan pekerjaan.

Kesiapan pribadi
      Kemampuan untuk mengembangkan kontak sosial sangat tergantung  pada keterampilan yang kita miliki. Yang paling penting adalah keterampilan memulai kontak sosial, membangun percakapan yang hidup, menarik dan menyenangkan untuk setiap situasi percakapan yang kita bangun. Terutama, saat kita melakukan kontak dengan orang-orang yang potensial untuk dijadikan network. Setelah kontak terjalin, usahakan untuk “memeliharanya”. Misalnya, melalui telepon secara berkala atau pertemuan yang dirancang khusus, seperti makan siang bersama. 
       Kesiapan pribadi merupakan aspek yang paling penting dalam mengembangkan network. Tetapi seringkli usaha untuk mempelajari atau memperbaiki kemampuan diri sulit kita lakukan. Alternatif yang dapat dipilih adalah mengikuti training khusus untuk hal ini.
     Segala usaha mengembangkan network diatas memang lebih banyak dilihat sebagai salah satu usaha untuk membangun sistem support kita. Tetapi jangan lupa, proses pembentukan jaringan informasi ini tidak hanya berlaku searah. Dalam membanguna network, kita juga harus membuka peluang untuk menjadi sumber informasi bagi orang lain. Kita harus bersikap terbuka dan memahami kebutuhan orang yang akan menggunakan kita sebagai sumber informasinya.
      Manfaat yang besar dari perluasan kontak sosial melalui networking sangat terasa terutama dalam dunia kerja. Secara umum dapat dikatakan bahwa jaringan informasi merupakan persyaratn mutlak bagi seseorang dalam bekerja. Keengganan untuk mengembangkan kontak sosial atau membangun suatu hubungan, sama saja dengan mengacuhkan masa depan karier kita. Tetapi bukan berarti networking adalah  pengganti fungsi berpikir kita. Networking lebih merupakan salah satu metode untuk menghindari pekerjan yang tidak perlu dan menghabiskan waktu, dengan cara mencari informasi langsung dari sumber-sumber yang lebih kompeten. Bak sebuah pepatah yang mengatakan : “Apa yang kita ketahui memungkinkan kita melakukan sesuatu, tetapi siapa yang kita ketahui memungkinkan kita melakukannya dengan lebih baik”.  Semoga bermanfaat. Salam sukses dari Roemah Prestasi. 

No comments:

Post a Comment