Siapa
yang tidak ingin mendapat predikat sebagai "karyawan berprestasi". Semua orang menginginkan predikat tersebut. Apalagi jika perusahaan tempat bekerja sebuah perusahaan yang bertaraf nasional atau bahkan internasional. Mendapatkan penghargaan atas prestasi karena kerja kerasnya merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Tidak dipungkiri bahwa banyak orang bekerja keras untuk mengejar
prestasi. Karena dengan prestasi akan membuka jalan untuk mengembangkan karirnya. Disisi lain setiap perusahaan tidak menutup mata akan memberikan reward atau
hadiah kepada karyawan yang memberikan kontribusi positif terhadap
perusahaannya. Bentuk penghargaan ini bermacam-macam, ada yang berbentuk kenaikan pangkat, promosi jabatan dan lain-lain. Predikat "Karyawan Berprestasi" layak diberikan kepada karyawan yang bekerja secara sungguh-sungguh untuk meraih kesuksesan. Meskipun sukses bukanlah merupakan tujuan,
tetapi sebuah perjalanan yang panjang. Untuk bisa
lolos dan lulus dibutuhkan faktor penting yang mendampinginya yaitu
kesabaran dan keuletan. Nah bagaimana caranya untuk menjadi karyawan
yang berprestasi dan sukses, ikuti tipsnya dibawah ini :
1. Berpikiran maju
Jadilah
karyawan yang berpikiran maju, karena dengan demikian punya rasa
“memiliki”, seakan-akan perusahaan miliknya sendiri. Beri sesuatu yang
terbaik kepada perusahaan. Anggaplah perusahaan sebagai sekolah yang
mendidiknya menjadi pribadi mandiri, dan jangan berpikiran pekerjaan
sebagai beban tetapi anggaplah pekerjaan sebagai pelajaran yang
mengajarnya menjadi seorang ahli. Miliki keyakinan bahwa perusahaan
membutuhkan anda. Percaya diri dan anggap keberadaan anda dalam
perusahaan penting, tetapi jangan menasbikan bahwa diri anda yang paling
penting.
2. Memiliki rasa tanggungjawab
Memiliki
rasa tanggungjawab tinggi merupakan ciri utama dari karyawan yang
berpikiran maju. Kerjakan tugas-tugas yang dibrikan dengan sebaik
mungkin, tidak asal-asalan dan tidak sembarangan. Apabila anda melakukan
kesalahan, akui bahwa kesalahan itu adalah dari diri anda sendiri ,
jangan menyalahkan orang lain. Dengan demikian, anda membuktikan kepada
dirinya sendiri dan kepada atasannya bahwa anda pantas diberi tanggung
jawab yang lebih besar.
3. Memiliki inisiatif
Sebagai
karyawan yang berpikir maju tidak akan bekerja seperti robot yang harus
selalu diperintah baru bergerak. Berusahalah selalu tahu apa yang harus
dikerjakan meskipun tugas dari atasan belum turun. Pikirkan cara
mengerjakan tugasnya dengan lebih baik, lebih menghemat waktu, dan lebih
besar hasilnya. Karyawan yang memiliki inisiatif dan kreatif akan
sangat produktif, efisien dan bisa diandalkan.
4. Disiplin
Sebagai
karyawan harus tunduk dan patuh pada peraturan perusahaan. Bekerja
sesuai dengan jam kerja yang ditentukan perusahaan. Tidak mengurangi jam
kerja dengan pulang lebih awal, beristirahat sebelum waktunya, mencari
alasan untuk bolos kerja. Pada jam kerja bekerja dengan sungguh-sungguh,
tidak bersantai-santai, tidak bermalas-malasan, tidak melamun dan tidak
membuang-buang waktu untuk “ngrumpi” atau SMSan tanpa ada hasilnya bagi
perusahaan. Dengan mendisiplinkan diri setiap hari akan membentuk
karakter seorang pribadi yang unggul, pribadi yang bisa memerintah diri
sendiri.
5. Rajin
Karyawan
yang rajin lebih dihargai dibandingkan yang malas, lamban, loyo dan
tidak bersemangat kerja. Kerajinan mencerminkan pribadi yang punya
kemauan untuk berkembang dan meraih yang terbaik dalam hidupnya.
Kerajinan akan membentuk menjadi seorang pribadi yang mandiri.
6. Bisa bekerjasama
Karyawan
yang bisa bekerjasama adalah karyawan yang punya peluang menjadi
atasan. Cirinya ia selalu siap membantu orang lain, segera menyelesaikan
masalah atau konflik dengan orang lain, tidak menjatuhkan orang lain
untuk menyelamatkan diri sendiri, rela berkorban demi kepentingan
kelompoknya.
7. Mempunyai nilai tambah
Jadilah
karyawan yang mempunyai nilai tambah (plus). Selalu berusaha
menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan melebihi dari standar.
Selalau berusaha meningkatkan nilai dirinya adalah karyawan yang
menghargai diri sendiri, dan memiliki kemauan untuk maju.
8. Mempunyai rasa percaya diri
Karyawan
yang berpikiran maju selalu berusaha menjadi pribadi yang percaya diri,
tidak minder, tidak pemalu, tidak sensitif, berani mengemukakan
pendapat. Selalu berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru,
dengan rekan kerja dan atasannya. Kemampuan adaptasi ini akan
menentukan apakah sanggup bertahan di tempat kerja atau tidak. Rasa
percara diri yang kuat akan mendampingi anda tetap bertahan dengan
nyaman ditempat kerja. Mempunyai cukup kepercayaan diri akan
menghantarkan anda menjadi orang yang sukses.
Anda ingin menjadi karyawan yang berprestasi ?. Mulai sekarang anda merubah perilaku dari karyawan yang malas-malasan dirubah menjadi karyawan yang bersemangat. Coba ikuti tips
diatas, niscaya kesuksesan akan cepat diraih. Ada ungkapan bahwa "Anda,
saya dan kita semua tidak akan pernah dapat mengubah arah angin, tetapi
yang dapat dilakukan adalah bagaimana mengubah arah sayap". Analogi ini
mengisyaratkan bahwa suatu realitas tidak akan berubah hingga kita
sendirilah yang mengubah sudut pandang kita terhadap realitas tersebut.
Dengan kata lain, mau sukses atau gagal jawabannya kembali pada anda. Bagaimana caranya agar menjadi orang yang sukses dalam berkarier, silahkan baca juga cara capai kesuksesan dengan mengenali profil diri. Semoga bermanfaat. Salam sukses dari Roemah Prestasi.
No comments:
Post a Comment