Friday, May 3, 2013

Karyawan Berprestasi

    Siapa yang tidak ingin mendapat predikat sebagai "karyawan berprestasi". Semua orang menginginkan predikat tersebut. Apalagi jika perusahaan tempat bekerja sebuah perusahaan yang bertaraf nasional atau bahkan internasional. Mendapatkan penghargaan atas prestasi karena kerja kerasnya merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Tidak dipungkiri bahwa banyak orang bekerja keras  untuk mengejar prestasi.  Karena dengan prestasi akan membuka jalan untuk mengembangkan karirnya. Disisi lain setiap perusahaan tidak menutup mata akan memberikan reward atau hadiah kepada karyawan yang memberikan kontribusi positif terhadap perusahaannya. Bentuk penghargaan ini bermacam-macam, ada yang  berbentuk kenaikan pangkat, promosi jabatan dan lain-lain.  Predikat "Karyawan Berprestasi"  layak diberikan kepada karyawan yang bekerja secara sungguh-sungguh untuk meraih kesuksesan. Meskipun sukses bukanlah merupakan tujuan, tetapi sebuah perjalanan yang panjang. Untuk bisa lolos dan lulus dibutuhkan faktor penting yang mendampinginya yaitu kesabaran dan keuletan. Nah bagaimana caranya untuk menjadi karyawan yang berprestasi dan sukses, ikuti tipsnya dibawah ini :  

1. Berpikiran maju
Jadilah karyawan  yang   berpikiran   maju, karena dengan demikian  punya  rasa “memiliki”, seakan-akan perusahaan miliknya sendiri. Beri sesuatu yang terbaik kepada perusahaan. Anggaplah perusahaan sebagai sekolah yang mendidiknya menjadi pribadi mandiri, dan jangan berpikiran pekerjaan sebagai beban tetapi anggaplah pekerjaan sebagai pelajaran yang mengajarnya menjadi seorang ahli. Miliki keyakinan bahwa perusahaan membutuhkan anda. Percaya diri dan anggap keberadaan anda dalam perusahaan penting, tetapi jangan menasbikan bahwa diri anda yang paling penting.

2. Memiliki rasa tanggungjawab
Memiliki rasa tanggungjawab tinggi merupakan ciri utama dari karyawan yang berpikiran maju. Kerjakan tugas-tugas yang dibrikan dengan sebaik mungkin, tidak asal-asalan dan tidak sembarangan. Apabila anda melakukan kesalahan, akui bahwa kesalahan itu adalah dari diri anda sendiri , jangan menyalahkan orang lain. Dengan demikian, anda membuktikan kepada dirinya sendiri dan kepada atasannya bahwa anda pantas diberi tanggung jawab yang lebih besar.

3.  Memiliki inisiatif
Sebagai karyawan yang berpikir maju tidak akan bekerja seperti robot yang harus selalu diperintah baru bergerak. Berusahalah selalu tahu apa yang harus dikerjakan meskipun tugas dari atasan belum turun. Pikirkan cara mengerjakan tugasnya dengan lebih baik, lebih menghemat waktu, dan lebih besar hasilnya. Karyawan yang memiliki inisiatif dan kreatif akan sangat produktif, efisien dan bisa diandalkan.

4. Disiplin
Sebagai karyawan harus tunduk dan patuh pada peraturan perusahaan. Bekerja sesuai dengan jam kerja yang ditentukan perusahaan. Tidak mengurangi jam kerja dengan pulang lebih awal, beristirahat sebelum waktunya, mencari alasan untuk bolos kerja. Pada jam kerja bekerja dengan sungguh-sungguh, tidak bersantai-santai, tidak bermalas-malasan, tidak melamun dan tidak membuang-buang waktu untuk “ngrumpi” atau SMSan tanpa ada hasilnya bagi perusahaan. Dengan mendisiplinkan diri setiap hari akan membentuk karakter seorang pribadi yang unggul, pribadi yang bisa memerintah diri sendiri.

5. Rajin
Karyawan yang rajin lebih dihargai dibandingkan yang malas, lamban, loyo dan tidak bersemangat kerja. Kerajinan mencerminkan pribadi yang punya kemauan untuk berkembang dan meraih yang terbaik dalam hidupnya. Kerajinan akan membentuk menjadi seorang pribadi yang mandiri.
   
6. Bisa bekerjasama
Karyawan yang bisa bekerjasama adalah karyawan yang punya peluang menjadi atasan. Cirinya ia selalu siap membantu orang lain, segera menyelesaikan masalah atau konflik dengan orang lain, tidak menjatuhkan orang lain untuk menyelamatkan diri sendiri, rela berkorban demi kepentingan kelompoknya.

7. Mempunyai nilai tambah
Jadilah karyawan yang mempunyai nilai tambah (plus). Selalu berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan melebihi dari standar. Selalau berusaha meningkatkan nilai dirinya adalah karyawan yang menghargai diri sendiri, dan memiliki kemauan untuk maju.

8. Mempunyai rasa percaya diri
Karyawan yang berpikiran maju selalu berusaha menjadi pribadi yang percaya diri, tidak minder, tidak pemalu, tidak sensitif, berani mengemukakan pendapat. Selalu berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, dengan rekan kerja dan atasannya. Kemampuan adaptasi ini akan menentukan apakah  sanggup bertahan di tempat kerja atau tidak. Rasa percara diri yang kuat akan mendampingi anda tetap bertahan dengan nyaman ditempat kerja. Mempunyai cukup kepercayaan diri akan menghantarkan anda menjadi orang yang sukses.

Anda ingin menjadi karyawan yang berprestasi ?. Mulai sekarang anda merubah perilaku dari karyawan yang malas-malasan dirubah menjadi karyawan yang bersemangat. Coba ikuti tips diatas, niscaya kesuksesan akan cepat diraih. Ada ungkapan bahwa "Anda, saya dan kita semua tidak akan pernah dapat mengubah arah angin, tetapi yang dapat dilakukan adalah bagaimana mengubah arah sayap". Analogi ini mengisyaratkan bahwa suatu realitas tidak akan berubah hingga kita sendirilah yang mengubah sudut pandang kita terhadap realitas tersebut. Dengan kata lain, mau sukses atau gagal jawabannya kembali pada anda. Bagaimana caranya agar menjadi orang yang sukses dalam berkarier, silahkan baca juga cara capai kesuksesan dengan mengenali profil diri.  Semoga bermanfaat. Salam sukses dari Roemah Prestasi.


No comments:

Post a Comment